header gif 1

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5

1369235556

Mobil pada umumnya memang sangat mengandalkan elektrikal untuk menjalan setiap fungsi komponen, misalnya sensor, lampu, ac, audio, panel dasboard, bahkan untuk menyalakan mesin pun harus menggunakan elektrikal.

Nah.. ada masalah yang sering terjadi karena adanya kerusakan komponen sehingga saat melakukan start engine mesin tidak hidup, itu mungkin di sebabkan karena masalh berikut ini.

1. Dinamo / Bendik Stater

Masalah ini timbul karena rusaknya dinamo stater atau bendik stater mobil, biasanya hanya terdengar suara Cetek - Cetek dan dinamo stater tidak berjalan.

2. Aki Tidak Drop Total

Masalah ini timbul biasanya karena pengguna lupa mematikan lampu kabin, mobil tidak pernah di pakai selama 1 bulan bahkan lebih, dan juga kemungkinan memang karena akinya sudah soak. biasanya saat di stater tidak ada suara apapun, klakson tidak berbunyi, remote tidak berfungsi, bahkan panel dashboard redup.

3. Aki Soak

Masalah ini timbul karena memang sudah memasuki rata-rata umur aki, biasanya 18 bulan, biasanya saat di stater suara dinamo stater tersendat-sendat.

Itulah beberapa kerusakan komponen kenapa mobil susah di stater. semoga bermanfaat

embun

Lampu mobil adalah bagian penting dalam menjamin visibilitas saat berkendara. Salah satu masalah yang paling sering ditemukan pada lampu mobil adalah munculnya embun. Lampu mobil yang berembun, selain membuat tampilannya jadi kurang menarik juga akan mengurangi terang yang dipancarkan dari mobil. Bahkan, sulit bagi banyak orang untuk membersihkan embun yang berada di dalamnya.
Apa Penyebab Mobil Berembun?

Munculnya proses pengembunan ini sering terjadi akibat tidak rapatnya sil atau mika dalam kaca. Akibatnya, bagian tersebut dimasuki udara dari luar. Udara yang terperangkap akan mengalami perbedaan suhu dengan bagian luar lampu. Perbedaan suhu inilah yang kemudian menimbulkan embun menempel di kaca lampu.

Terbukanya sil atau mika kaca biasanya disebabkan karena kebiasaan pemilik untuk memarkirkan mobilnya di luar ruangan dan terkena sinar matahari langsung. Panas matahari akan membuat sil atau mika kaca kaku sehingga menimbulkan getas dan retak. Terbukanya sil juga bisa jadi disebabkan oleh usia mobil yang terlampau lama.


Bahaya Embun Pada Mobil

Bila menemukan lampu mobil yang berembun, sebaiknya segera dilakukan tindakan. Lampu mobil berembun akan membuat warna lampu kusam. Kekusaman ini diakibatkan oleh jamur yang tumbuh subur di tempat lembap. Semakin kusam lampu, maka semakin buruk penerangannya.

Selain itu, embun juga berpotensi membuat bohlam pecah. Ketika bohlam menyala, tak hanya cahaya yang dihasilkan tetapi juga panas. Bila air embun menyentuh bohlam, terjadi perbedaan suhu yang berpotensi besar memecah kaca bohlam. Hal ini belum termasuk dengan potensi korsleting listrik yang bisa saja terjadi ketika air menyentuh kabel lampu sehingga terjadi kebakaran.


Cara Mengatasi Embun pada Lampu Mobil

Untuk membersihkan embun dari rumah lampu sebenarnya cukup mudah. Berhentilah di tempat yang tidak terkena hujan. Kemudian, nyalakan lampu seperti biasa dalam beberapa menit. Panas dari lampu akan membuat embun menghilang dengan sendirinya. Namun, cara ini juga tergantung pada pori-pori lampu utama. Bila embun jadi genangan air, maka tidak ada cara lain selain membuka lampu sein.

Pertama, periksa bagian belakang rumah lampu. Lihat bagian lubang udara apakah tersumbat atau tidak. Ketika tersumbat, maka bersihkan agar kotoran tidak menempel. Keluarkan embun melalui lampu sein dengan melepasnya searah jarum jam. Ketika terlepas, nyalakanlah lampu mobil selama beberapa menit hingga embun hilang. Ketika sudah kering, maka pasang kembali lampu sein seperti semula.

Menghilangkan embun pada rumah lampu mobil akan membuat tampilan mobil semakin bersih dan tetap tampil trendi.

Pasar penjualan mobil di Indonesia memang punya konsumen yang beragam dan secara tidak langsung berdampak pada hadirnya berbagai tipe mobil di Indonesia. Kelas SUV menjadi salah satu kelas panas yang ada di pasar Indonesia. Kehadiran Honda yang membawa CR-V sebagai produk andalannya di kelas ini dan betapa larisnya mobil ini di pasaran walau terdapat banyak persaingan menunjukkan bahwa kelas SUV ini juga merupakan kelas yang panas persaingannya dan Honda mampu bersaing dengan baik.

Untuk melanjutkan penjualannya yang baik di kelas SUV ini Honda merilis produk terbarunya di Indonesia pada 2014, yaitu Honda HR-V. Mobil ini diperkenalkan di Tokyo Motor Show pada 2013 dengan nama Honda Vezel dan cukup menarik perhatian orang-orang pada waktu itu sehingga Honda kemudian memproduksi mobil ini secara massal dan diberi nama Honda HR-V. Honda HR-V sebenarnya adalah nama produk mobil SUV Honda yang pernah diproduksi dari 1999-2006, dan Honda HR-V ini diproyeksikan Honda untuk menyasar kelas Low SUV, satu kelas di bawah sang kakak Honda CR-V.

IMG20201205102535

Honda HR-V di Indonesia sendiri hadir pada 2014 dan yang membedakan adalah HR-V di Indonesia diproduksi di dalam negeri. Selain karena alasan harga, alasan HR-V yang dijual di Indonesia diproduksi di dalam negeri adalah agar HR-V yang dijual di Indonesia benar-benar sesuai dengan keinginan pasar Indonesia. Honda sendiri lebih senang menyebut HR-V sebagai sebuah mobil Crossover Utility dan hal ini terbukti sejak diluncurkan pada 2014 lalu Honda HR-V mampu mengusik rivalnya yaitu Mitsubishi Outlander Sport dan Nissan Juke.

Mampu meraih penghargaan 2014 IIMS Best Small SUV Car pada waktu peluncurannya pun membuat mobil ini semakin harum namanya. Selain bagian desain yang gagah dan sporty untuk sebuah crossover tentunya HR-V membawa mesin yang mampu diajak berkendara di segala medan. Dapur pacu Honda HR-V dipersenjatai mesin 1.5L dan 1.8L SOHC I-VTEC+DBW. Bisa diajak bepergian di segala medan tentunya mengharuskan Honda HR-V juga memiliki fitur keamanan yang mumpuni agar mampu melindungi pengendaranya. Fitur-fiturnya diantara lain adalah Dual SRS Airbag, pengereman yang dilengkapi ABS dan EBD, serta Vehicle Stability Assist (VSA) dan Hill Start Assist (HSA) yang membuatnya halus diajak berkendara di jalanan rata maupun menanjak.

IMG 20201205 102751

Untuk aki nya sendiri Honda HR-V enggunakan Tipe NS60LS atau 65B24LS dengan kapasitas 12V, 45 Ah. Merek yang kami tawarkan berfariasi yakni kami sedia di merek Amaron, Delkor, GS MF, serta GS Hybrid. Teknisi handal dan di lengkapi alat yang modern untuk mendeteksi apakah mobil tidak bisa di start karena aki atau karena adahnya masalah lain.

Penggantian akinya pun kami menerapkan SOP yang hampir sama seperti di bengkel Resmi pada umumnya, jadi untuk kamu yang ada masalah dengan aki khusus nya bisa langsung hubungi kami pada kontak yang ada di situs ini, oh ya, untuk harga aki tipe ini kisaran 725.000 rb - 1 jt dengan garansi resmi 6 bulan - hingga 1 tahun tergantung merek.

Di pasaran ada beberapa tipe aki atau accumulator yang biasa disingkat accu. Ada aki basah serta aki kering. kamu pilih yang mana?

Mengutip situs resmi Daihatsu, aki merupakan penyuplai daya listrik pada kendaraan, termasuk pada mobil. Jika tidak ada aki, mobil kamu tidak akan bisa dinyalakan saat dalam keadaan mati. Sebagai salah satu jenis baterai, aki mempunyai jangka waktu pemakaian tertentu. Awet atau tidaknya aki mobil yang kamu miliki tergantung pada pemakaian dan perawatannya.

Fungsi Aki

Aki pada kendaraan mobil ternyata memiliki fungsi yang cukup banyak. 1. Aki berfungsi untuk menyalakan sistem starter. Saat sistem starter berhasil dinyalakan, mesin mobil juga akan menyala. 2. Aki berfungsi untuk mengalirkan arus induksi pada alternator mobil. 3. Aki berfungsi untuk meyuplai arus listrik ke dashboard sebagai sistem informasi yang berkaitan dengan kendaraan saat pertama kali pengemudi memasuki kabin. 4. Aki berfungsi untuk membuka dan mengunci pintu mobil yang diaktifkan lewat kunci kontak. 5. Aki berfungsi memberikan tegangan referensi ke ECU saat mesin mobil belum menyala. Nah, aki pada mobil terdiri dari dua jenis, yaitu aki kering dan aki basah. kamu, tahu tidak perbedaan antara keduanya? Simak baik-baik, yuk.

Aki Basah

yuasa

Aki Basah mengandung cairan elektrolit. Saat terjadi panas yang disebabkan oleh penggunaan aki atau suhu lingkungan, air pada aki basah akan lebih cepat menguap. Oleh karena itu, aki basah memerlukan perawatan ekstra. Bagi kamu yang menggunakan aki basah, kamu harus rutin mengontrol ketinggian air aki tersebut. Jika telat sedikit, sel aki basah bisa menguap dan akan berkurang dari batas yang seharusnya.

Umumnya perawatan rutin pada aki basah dilakukan setiap dua bulan sekali. Namun, untuk kendaraan operasional seperti taksi, ada baiknya perawatan aki dilakukan setiap satu bulan sekali. Aki basah didesain lebih transparan. Hal itu untuk memudahkan pengguna melihat kondisi sel dan ketinggian air aki. Selain itu, pada aki basah juga terdapat penanda garis batas ketinggian air yang memudahkan kamu mengetahui waktu untuk mengisi air pada aki. Soal harga, aki basah biasanya lebih murah daripada aki kering.

Gimana, nih? Kamu tertarik untuk membeli aki basah yang lebih murah daripada aki kering? Eits, tunggu dulu, simak penjelasan tentang aki kering yang tidak kalah menarik buat dipilih.

Aki Kering

dellkor

Berbeda dengan aki basah, aki kering justru menggunakan gel sebagai pengganti cairan untuk merendam sel-sel aki. Gel tersebut tetap mengandung cairan elektrolit atau air aki. Gel pada aki kering tidak mudah menguap seperti cairan elektrolit pada aki basah. Selain itu, gel juga dapat bertahan lama. Dengan begitu, bagi kamu yang menggunakan aki kering, kamu tidak perlu rutin mengontrol kondisi aki. Aki kering didesain tidak transparan dan lebih sederhana. Aki kering ini dijuluki maintenance free battery karena minim perawatan. Namun, umumnya harga aki kering lebih mahal jika dibandingkan dengan aki basah.

Pilih Mana?

Aki basah maupun aki kering umur rata-ratanya sama saja, yakni 18 Bulan hingga 24 Bulan, yang membedakan hanyalah dari segi perawatannya saja, tetapi untuk aki basah, jika aki basah tidak di rawat dengan baik dan benar maka umurnya hanya bertahan kurang lebih 3-6 bulan saja.

Breaking News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11
  • 12
  • 13
  • 14
  • 15
  • 16
  • 17
  • 18

Hubungi Kami

Klik Nomor Dibawah Untuk Menelpon

0859 5903 9000

0821 1019 1717


aki 1

LOKASI

Bintaro - Jakarta Selatan

Ciracas - Jakarta Timur

Kota Wisata - Cibubur

Car Store - Tebet

Untuk lebih mendekatkan kami kepada customer, selain kami ada beberapa cabang, Selengkapnya
137850
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
144
170
1018
135639
1185
5511
137850

Your IP: 3.236.122.9
2021-05-07 17:29

WhatsHelp Chat Button