• 1
  • 2
  • 3
  • 4

Sejumlah pabrikan otomotif terus berinovasi dalam mengembangkan berbagai fitur keselamatan. Percaya atau nggak, fitur ini dianggap memanjakan pengemudi sehingga mampu mengurangi risiko cedera pada mobil ketika terjadi kecelakaan dan membuat orang merasa lebih aman saat di jalan.

Bahkan, jika baru saja melihat atau menggunakan fitur ini, mungkin kesan pertama akan terasa aneh. Tetapi, jika digunakan terus menerus, manfaat akan dirasakan dan sangat membantu mengurangi potensi kecelakaan.

Penasaran apa saja fitur safety yang ada di mobil? Berikut delapan fitur safety yang ada di mobil dari yang biasa tapi memiliki manfaat besar sampai yang keren.

1. Sabuk Pengaman / Seatbelt

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource: instagram.com/luxexpresseesti

Ini lumrah ada di setiap mobil. Jika tidak ada bisa bahaya. Sabuk pengaman adalah alat yang dirancang untuk menahan orang yang ada di dalam mobil agar tetap berada di tempatnya ketika terjadi rem mendadak dan tabrakan dan bisa meminimalkan risiko cedera.

2. Air Bag / Supplemental Restraint System (SRS)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang KerenSource: srsmodulereviews.com

Sebenarnya kantong udara / air bag ini peralatan penahan tambahan dari sabuk pengaman. SRS adalah perangkat yang berfungsi untuk mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang akibat tabrakan dari depan, ke muka pengemudi dan penumpang.

3. ISOFIX Safety Child Lock & Seatbelt

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : instagram.com/aprica.jp_official

Fitur ini ditujukan secara khusus untuk keselamatan pada bayi ketika di mobil. Secara umum, ISOFIX (International Standards Organization FIX) adalah lokasi pengait untuk kursi bayi, sehingga bayi nggak dipangku. Jika dipangku, bisa menghasilkan risiko cedera yang parah ketika terjadi kecelakaan.

4. Anti-Lock Braking System (ABS)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : instagram.com/luxuryonroad

Sistem ini adopted dari teknologi yang ada pada pesawat terbang. Ini merupakan sistem teknologi pengereman mobil supaya tidak ada penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak. Efeknya adalah mobil bisa dikendalikan dan jarak pengereman menjadi lebih efektif sehingga bisa mengurangi tingkat kecelakaan.

Kelebihan ABS adalah pengereman bisa dilakukan lebih cepat dari sistem yang biasa di mobil dan lebih stabil jika terjadi pengereman mendadak, tetapi nggak membuat mobil kehilangan kendali sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar pada mobil yang umumnya menggunakan dua rem cakram dan dua tromol tekanan gas yang diatur oleh pabrik.

5. Brake Assist (BA)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : lifewire.com

Ini adalah teknologi pengereman mobil yang meningkatkan tekanan pengereman pada mobil dalam keadaan darurat. Teknologi ini pertama kali dikembangkan bersama oleh Daimler-Benz dan TRW / LucasVarity.

Dengan menginterpretasikan kecepatan dan kekuatan ketika pedal rem ditekan, sistem mendeteksi jika pengemudi mencoba untuk melakukan penghentian darurat dan jika pedal rem nggak sepenuhnya diterapkan, sistem akan menimpa dan sepenuhnya menerapkan rem sampai ABS mengambil alih untuk menghentikan roda dari penguncian.

Ini merupakan tingkat otomatisasi yang lebih rendah daripada sistem penghindaran tabrakan yang bisa mulai pengereman sendiri, itu jika komputer dipasang untuk mendeteksi tabrakan dalam waktu dekat.

6. Electronic Brake-Force Distribution (EBD / EBFD)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : mmpc.ph

EBD ini merupakan teknologi rem mobil yang secara otomatis memvariasikan jumlah gaya yang diterapkan pada setiap roda kendaraan berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, pemuatan dan lain sebagainya.

Selalu dipadukan dengan ABS, EBD bisa menerapkan lebih banyak atau lebih sedikit tekanan pengereman ke setiap roda untuk memaksimalkan daya henti dengan mempertahankan kontrol kendaraan. Biasanya, ujung depan membawa beban terbanyak dan EBD mendistribusikan lebih sedikit tekanan pengereman ke rem belakang, sehingga rem belakang nggak mengunci dan nggak menyebabkan tergelincir.

Pada beberapa sistem, EBD mendistribusikan lebih banyak tekanan pengereman pada rem belakang selama aplikasi rem awal sebelum efek pemindahan beban menjadi jelas.

7. Hill Start Assist (HSA)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : honda.gws.com.au

HSA adalah fitur yang memungkinkan mobil nggak meluncur mundur selama 2-3 detik ketika mendaki. Cara kerjanya, sistem komputer membuat rem bekerja meskipun pedal rem nggak sedang diinjak.

Fitur ini membantu pengemudi menjadi lebih nyaman, terutama untuk mobil transmisi manual. Pengemudi menjadi lebih santai menggerakkan kaki mereka dari pedal rem ke pedal gas. Selain itu, HSA juga memungkinkan rem parkir nggak digunakan ketika mendaki.

HSA berfungsi ketika fitur kontrol traksi aktif. Fitur ini sangat berguna, misalnya digunakan ketika macet tetapi menanjak atau ketika berhenti di loket tiket parkir.

8. Traction Control

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensouce : mycardoeswhat.org

Sistem kontrol traksi umumnya merupakan fungsi kedua dari sistem pengereman ABS pada kendaraan bermotor yang bertujuan untuk mencegah hilangnya traksi pada roda kendaraan. Kontrol traksi akan aktif ketika input throttle dan torsi engine nggak sama untuk kondisi permukaan jalan.

Sistem akan menjalankan satu atau lebih dari langkah-langkah seperti rem pada satu atau lebih roda, pengurangan pengapian pada satu silinder atau lebih, pengurangan pasokan bahan bakar ke satu silinder atau lebih, penutupan throttle (jika kendaraan dilengkapi dengan throttle drive kawat) dan kontrol solenoid dinonaktifkan untuk mengurangi tenaga mesin (pada kendaraan dengan turbocharger).

Apakah mobil kamu di lengkapi fitur Safety di atas ? Namun jika sudah di lengkapi dengan fitur di atas tingkat kcelakaan masih saja tetap terjadi, yakni di karenakan si pengemudi tidak adanya kesadaran akan kesalamatan, contohnya memngacu kendaraan yang terlalu cepat, dan ungal-ugalan.

Breaking News

  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • 11

Hubungi Kami

Klik Nomor Dibawah Untuk Menelpon

0859 5903 9000

0819 1111 1157

0853 1111 1157

anigif no

aki 1

Lokasi:

 


Anda Juga Bisa Order Produk Kami Lewat Toko Online:

tokped

Tokopedia


shopee

Shopee


bukalapak

Bukalapak


lazada

Lazada


Untuk lebih mendekatkan kami kepada customer, selain kami ada beberapa cabang, kami juga memiliki 3 Mobil Toko

Selengkapnya

040234
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
84
80
164
39461
1241
3927
40234

Your IP: 3.228.24.192
2019-10-14 16:09

WhatsHelp Chat Button