cara isi ir aki yanmg benar

Aki berfungsi sebagai penyuplai listrik pada kendaraan, beberapa perangkat kendaraan memerlukan pasokan listrik yang besar contohnya seperti sistem starter dan Alarm system. Tapi, masalah yang kerap dialami pada aki adalah tekor atau soak.

Aki tekor, bisa disebabkan banyak hal, terutama untuk aki basah yaitu salah satunya karena volume air aki yang kurang dari batas minimum.

Resikonya, mesin mobil akan sulit dinyalakan karena hanya ada sedikit listrik yang menyuplai ke sistem starter. Sehingga, anda kebingungan untuk menyalakan mobil anda sendiri.

Kalau sudah seperti ini, apakah kita perlu mengganti aki satu unit ?

Ternyata, ada keistimewaan pada aki basah. Kalau aki drop, kita tidak perlu mengganti satu unit aki. Cukup mengganti air akinya saja lalu charge aki maka aki bisa kembali digunakan. (Itupun jika sel-sel pada aki tersebut masih bagus). Untuk mengecek sel yang ada pada aki, kami mempunyai alatnya. untuk pengecekan anda bisa datang ke tempat kami.

Lalu bagaimana cara mengisi air aki ? tenang saja, kami akan jelaskan prosedur pengisian air aki secara aman.

Namun sebelumnya, perlu anda ketahui terlebih dahulu. Ada dua jenis air aki yang dijual dipasaran, yakni air aki kemasan MERAH dan air aki kemasan BIRU. Lalu apa bedanya ? untuk perbedaan tersebut sudah kami jelaskan pada artikel berikut: Jangan Keliru. Perbedaan Air Aki Zuur dan Air Aki Tambah

Kalau sudah paham dengan jenis air aki, mari kita bahas tata cara pengisian air aki.

Prosedur Pengisian Air Aki Kendaraan

1. Buka Penutup Sel Aki

Langkah awal, bukalah penutup sek aki pada kendaraan anda, untuk membukanya anda bisa menggunakan alat bantu berupa obeng atau tang, dengan cara memutarnya.

2. Cek Ketinggian Air Aki Untuk Memastikan Berapa Kurangnya Air Aki Setiap Sel

Setelah anda membuka penutupnya, selanjutya anda harus memeriksa volume air aki yang ada di dalamnya, di dalam akan terlihat bibir pembatas berwarna hitam jika air aki kurang dari bibir pembatas tersebut maka tambahkan.

3. Siapkan Aki Aki

Untuk menambahkan air aki cukup sampai menyentuh ujung bibir pembatas yang ada di dalam tutup sel aki tersebut, lakukan hal yang sama di setiap bagian sel yang air akinya berkurang.

4. Lakukan Pengisian Air Aki Saat Pagi Hari.

Lakukan pengisian air aki saat pagi hari, prosedur yang baik yaitu ketika dalam keadaan mesin dingin, karena ketika mesin dingin tidak ada penguapan pada aki, jika pengisian di lakukan saat mesin panas nanti akan merusak sel - sel aki tersebut.

5. Tutup Penutupnya Dan Diamkan Beberapa Menit

Langkah berikutnya tutup dan kencangkan penutup sel aki, dan diamkan terlebih dahulu beberapa menit, proses tersebut agar aki air aki di resap oleh sel aki, yang akan menibulkan arus listrik.

6. Starter Mesin

Umumnya, air aki itu masih memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga bisa langsung terjadi reaksi tanpa perlu proses charging. Namun kalau aki masih lemah saat anda start mesin, anda bisa mengisi daya aki terlebih dahulu.

Joomla SEF URLs by Artio