0 tokped                    0 bukalapak                  0 lazada                0 shopee

                                                          Tokopedia            Bukalapak           Lazada          Shopee

Info Seputar Aki Mobil

Mengenal 8 Fitur Safety Keselamatan Mobil, PENTING !!

Sejumlah pabrikan otomotif terus berinovasi dalam mengembangkan berbagai fitur keselamatan. Percaya atau nggak, fitur ini dianggap memanjakan pengemudi sehingga mampu mengurangi risiko cedera pada mobil ketika terjadi kecelakaan dan membuat orang merasa lebih aman saat di jalan.

Bahkan, jika baru saja melihat atau menggunakan fitur ini, mungkin kesan pertama akan terasa aneh. Tetapi, jika digunakan terus menerus, manfaat akan dirasakan dan sangat membantu mengurangi potensi kecelakaan.

Penasaran apa saja fitur safety yang ada di mobil? Berikut delapan fitur safety yang ada di mobil dari yang biasa tapi memiliki manfaat besar sampai yang keren.

1. Sabuk Pengaman / Seatbelt

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource: instagram.com/luxexpresseesti

Ini lumrah ada di setiap mobil. Jika tidak ada bisa bahaya. Sabuk pengaman adalah alat yang dirancang untuk menahan orang yang ada di dalam mobil agar tetap berada di tempatnya ketika terjadi rem mendadak dan tabrakan dan bisa meminimalkan risiko cedera.

2. Air Bag / Supplemental Restraint System (SRS)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang KerenSource: srsmodulereviews.com

Sebenarnya kantong udara / air bag ini peralatan penahan tambahan dari sabuk pengaman. SRS adalah perangkat yang berfungsi untuk mengurangi risiko cedera pada pengemudi dan penumpang akibat tabrakan dari depan, ke muka pengemudi dan penumpang.

3. ISOFIX Safety Child Lock & Seatbelt

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : instagram.com/aprica.jp_official

Fitur ini ditujukan secara khusus untuk keselamatan pada bayi ketika di mobil. Secara umum, ISOFIX (International Standards Organization FIX) adalah lokasi pengait untuk kursi bayi, sehingga bayi nggak dipangku. Jika dipangku, bisa menghasilkan risiko cedera yang parah ketika terjadi kecelakaan.

4. Anti-Lock Braking System (ABS)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : instagram.com/luxuryonroad

Sistem ini adopted dari teknologi yang ada pada pesawat terbang. Ini merupakan sistem teknologi pengereman mobil supaya tidak ada penguncian roda ketika terjadi pengereman mendadak. Efeknya adalah mobil bisa dikendalikan dan jarak pengereman menjadi lebih efektif sehingga bisa mengurangi tingkat kecelakaan.

Kelebihan ABS adalah pengereman bisa dilakukan lebih cepat dari sistem yang biasa di mobil dan lebih stabil jika terjadi pengereman mendadak, tetapi nggak membuat mobil kehilangan kendali sebesar 5-30% dibandingkan dengan pengereman standar pada mobil yang umumnya menggunakan dua rem cakram dan dua tromol tekanan gas yang diatur oleh pabrik.

5. Brake Assist (BA)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : lifewire.com

Ini adalah teknologi pengereman mobil yang meningkatkan tekanan pengereman pada mobil dalam keadaan darurat. Teknologi ini pertama kali dikembangkan bersama oleh Daimler-Benz dan TRW / LucasVarity.

Dengan menginterpretasikan kecepatan dan kekuatan ketika pedal rem ditekan, sistem mendeteksi jika pengemudi mencoba untuk melakukan penghentian darurat dan jika pedal rem nggak sepenuhnya diterapkan, sistem akan menimpa dan sepenuhnya menerapkan rem sampai ABS mengambil alih untuk menghentikan roda dari penguncian.

Ini merupakan tingkat otomatisasi yang lebih rendah daripada sistem penghindaran tabrakan yang bisa mulai pengereman sendiri, itu jika komputer dipasang untuk mendeteksi tabrakan dalam waktu dekat.

6. Electronic Brake-Force Distribution (EBD / EBFD)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : mmpc.ph

EBD ini merupakan teknologi rem mobil yang secara otomatis memvariasikan jumlah gaya yang diterapkan pada setiap roda kendaraan berdasarkan kondisi jalan, kecepatan, pemuatan dan lain sebagainya.

Selalu dipadukan dengan ABS, EBD bisa menerapkan lebih banyak atau lebih sedikit tekanan pengereman ke setiap roda untuk memaksimalkan daya henti dengan mempertahankan kontrol kendaraan. Biasanya, ujung depan membawa beban terbanyak dan EBD mendistribusikan lebih sedikit tekanan pengereman ke rem belakang, sehingga rem belakang nggak mengunci dan nggak menyebabkan tergelincir.

Pada beberapa sistem, EBD mendistribusikan lebih banyak tekanan pengereman pada rem belakang selama aplikasi rem awal sebelum efek pemindahan beban menjadi jelas.

7. Hill Start Assist (HSA)

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensource : honda.gws.com.au

HSA adalah fitur yang memungkinkan mobil nggak meluncur mundur selama 2-3 detik ketika mendaki. Cara kerjanya, sistem komputer membuat rem bekerja meskipun pedal rem nggak sedang diinjak.

Fitur ini membantu pengemudi menjadi lebih nyaman, terutama untuk mobil transmisi manual. Pengemudi menjadi lebih santai menggerakkan kaki mereka dari pedal rem ke pedal gas. Selain itu, HSA juga memungkinkan rem parkir nggak digunakan ketika mendaki.

HSA berfungsi ketika fitur kontrol traksi aktif. Fitur ini sangat berguna, misalnya digunakan ketika macet tetapi menanjak atau ketika berhenti di loket tiket parkir.

8. Traction Control

Mengenal 8 Fitur Safety pada Mobil dari yang Biasa Sampai yang Kerensouce : mycardoeswhat.org

Sistem kontrol traksi umumnya merupakan fungsi kedua dari sistem pengereman ABS pada kendaraan bermotor yang bertujuan untuk mencegah hilangnya traksi pada roda kendaraan. Kontrol traksi akan aktif ketika input throttle dan torsi engine nggak sama untuk kondisi permukaan jalan.

Sistem akan menjalankan satu atau lebih dari langkah-langkah seperti rem pada satu atau lebih roda, pengurangan pengapian pada satu silinder atau lebih, pengurangan pasokan bahan bakar ke satu silinder atau lebih, penutupan throttle (jika kendaraan dilengkapi dengan throttle drive kawat) dan kontrol solenoid dinonaktifkan untuk mengurangi tenaga mesin (pada kendaraan dengan turbocharger).

Apakah mobil kamu di lengkapi fitur Safety di atas ? Namun jika sudah di lengkapi dengan fitur di atas tingkat kcelakaan masih saja tetap terjadi, yakni di karenakan si pengemudi tidak adanya kesadaran akan kesalamatan, contohnya memngacu kendaraan yang terlalu cepat, dan ungal-ugalan.

Menyalakan Mesin Saat AC Masih Menyala, Apa Bahaya?

Pada saat musim kemarau saat ini memang sangat pas untuk menyalakan AC mobil, tetapi ada salah satu hal kerugian jika saat menyalakan mesin mobil namun AC dalam keadaan menyala.

Tidak hanya AC saja, contohnya adalah Radio, dan lampu jauh, efek nya tentu akan beresiko ke aki, yups aki kamu akan mudah rusak. Apalagi untuk mobil-mobil keluaran terbaru sekarang yang sudah menggunakan Full Elektrikal sepertihalnya mobil yang menerapkan fitur I-Stop.

Mobil yang menggunakan fitur I-Stop ini membutuhkan elektrikal yang banyak sehingga pabrikan aki pun membuat aki khusus mobil yang menerapkan I-Stop.

Untuk kerugian yang di sebabkan saat menyalakan mobil namun AC, Radio atau Lampu Jauh menyala yakni akan cepat tekor atau rusaknya aki mobil kamu tidak hanya aki loh, kebiasaan ini juga akan menyebabkan kerusakan pada dinamo stater mobil km.

Karena akan bertambahnya beban daya kekuatan Start, jika ini di biasakan kemungkinan dinamo starter kamu akan cepat rusak dan umur aki kamu bertahan sampai 8 bulan sampai 1 tahun saja, dan rata-rata umur aki mencapai 1 tahun 5 bulan itupun tergantung dari pemakainnya.

Jadi jangan di biasakan untuk memulai Start mesin dalam kondisi AC, Radio atau lampu jauh menyala untuk merawat aki dan juga dinamop starter.

Jaguar Land Rover kembangkan Layar 3D Canggih

Bukan Jaguar Land Rover (JLR) namanya jika tidak terdengar menggaungkan teknologi anyar di dunia otomotif. Baru-baru ini, JLR mengenalkan pengembangan teknologi layar 3D canggih yang membantu memberikan informasi berkendara secara lebih lugas di kaca depan mobil.

Layar 3D pada kaca depan mobil ini memungkinkan pengendara mendapatkan informasi mengenai situasi di sekitar kendaraan saat berkendara. Baik sebagai bentuk peringatan dini maupun pendeteksi bahaya, hingga navigasi. Selain itu, informasi kendaraan yang biasanya di MID juga ditampilkan.

Memanfaatkan teknologi augmented reality, tampilan di layar 3D makin jelas, bahkan visibilitasnya tetap optimal kendati di cahaya yang minim.

"Studi yang dilakukan di Jerman menunjukkan bahwa penggunaan tampilan 3D Stereoscopic dalam pengaturan otomotif dapat meningkatkan waktu reaksi pengendara," kata JLR seperti dilansir Leftlane News, Selasa (27/8).

JLR juga melihat layar dengan teknologi 3D mungkin akan dimanfaatkan untuk sistem hiburan. Kendati demikian, layar 3D untuk HUD masih butuh penelitian dan pengembangan lanjutan.

Mengganti Aki Mobil Toyota C-HR

Toyota C-HR punya banyak keunggulan. Jadi tak sia-sia kalau Anda membeli C-HR dengan harga hampir setengah miliar, lantaran mendapat beberapa kelebihan seperti performa mesin dan fitur. Berikut lima poin unggul yang dimiliki C-HR.

Desain gabungan SUV compact dan coupe, pasti banyak dilirik. Desain yang seperti hatchback ditinggikan, kian digemari orang. fitur keselamatan. C-HR punya 7 kantung udara, empat rem cakram dengan dukungan ABS+EBD+BA, kendali stabilitas VSC, kendali traksi, hill-start assist, blind spot monitor system dan rear view monitor system. Platform baru TNGA menjadi rangka bangun C-HR. Mesin C-HR memakai 2ZR-FBE 1,8 liter VVT-i bertenaga 141 PS pada 6.400 rpm dan torsi puncak 171 Nm pada 4.000 rpm.

IMG 20190901 WA0002

Pada hari ini Tim kami menerima panggilan untuk memasang aki mobil toyota C-HR ini, Dikarenakan mobil tersebut sudah tidak kuat untuk di Start. Sehingga salah satu Teknisi kami yang bernama Pak Selamet Supriyadi datang ke lokasi tersebut yang berada di daerah Jakarta.

Setelah Pak selamet berada di lokasi ia langsung bergegas untuk Pengecekan aki lama yang berada di mobil tersebut dengan alat modern yang telah di siapkan untuk memastikan bahwa gejala mobil tidak bisa di start di karenakan aki yang sudah tidak bagus.

"Aki mempunyai daya Start minimum yakni CCA (Cold Cranking Amperes). dan aki untuk mobil ini menggunakan tipe DIN 55559 dengan kapasitas 55AH dan Standart CCA sebesar 460CCA" Ucap - Pak Selamet Supriyadi.

Setelah di periksa ternyata memang daya Start sudah jauh di bawah standar dan alat kami menunjukan "Bad and Replice" yang di artikan aki sudah tidak baik dan harus di ganti.

Selepas itu teknisi kami langsung mengganti, dan di karenakan ini mobil modern maka di haruskan melakukan penjumperan, lalu mengganti aki dalam keadaan mesin hidup agar data eccu tidak teriset.

Tahap berikutnya adalah membuka breket dan terminal aki, dan di lanjutkan dengan mengganti aki yang baru, tahap akhir adalah memasang kembali terminal dan breket. tak hanya sampai sini, teknisi kami pun mengecek kinerja dari alternator, karena hal ini sangat penting terhadap aki tersebut.

Semoga bermanfaat.

 
 

Sudah Memasuki Musim Hujan, Perhatikan Komponen ini !!

Sekarang sudah memasuki musim penghujan, kalian harus berhati-hati saat berkendara disaat curah hujan yang sangat tinggi, sebelum kalian berkendara di saat hujan lebat lebih baiknya kalian periksa komponen penting berikut untuk menjaga keselamatan saat berkendaraan. Berikut ini adalah komponen yang sangat penting saat berkendara di musim penghujan.

1. Ban

Perhatikan kondisi ban, jika Ban mobil kalian sudah menipis sebaiknya hindari pemakaiannya terlalu lama, apalagi ban yang permukaannya sudah botak harus segera diganti. Karena jika kondisinya seperti itu, gigitan ban sudah tidak maksimal dan akan semakin parah dengan kondisi jalan yang basah atau tergenang, bukan tidak mungkin mobil Anda akan mudah tergelincir saat mengerem.

Saat musim hujan rentan akan adanya Aquaplaning (Hydroplaning) di jalan raya, Aquaplaning (Hydroplaning) adalah sebuah kubangan air di jalan raya, sangat berbahaya sekali untuk pengendara apalagi dalam kondisi ban yang sudah menipis. Kecelakaan yang sering terjadi adalah saat tikungan, mobil akan tergelincir dan memutar dan akhirnya menabrak pinggir jalan.

2. Kanvas Rem

Kondisi berbunyi saat direm, nyaris blong atau pedal rem sudah pendek, merupakan tanda kondisi rem sudah tidak normal atau habis. Segera ganti, sebab berkendara di musim penghujan sangat membutuhkan kondisi rem yang prima. Dalam kondisi hujan, mengatur jarak kendaraan dan jarak pandang yang terbatas, membuat kita harus mengerem mendadak. Jika kondisi rem bermasalah, hal ini akan sangat menyulitkan pengemudinya dan membahayakan keselamatan.

3. Lampu

Manfaat lampu saat hujan adalah pengatur jarak antar kendaraan dan memaksimalkan jarak pandang pengemudinya. Seperti kita ketahui, kondisi hujan membuat jarak pandang kita terbatas. Cek kondisi lampu, atau jika dibutuhkan gunakan tambahan lampu kabut untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

4. Wiper

Terakhir adalah Wiper, jika wiper kalian sudah tidak bagus saat menyapu air di kaca mobil kalian sebaiknya kalian menggantinya dengan yang baru, sehingga sapuan lebih bersih. jika menggunakan wiper yang sudah tidak bagus akan menyebabkan pandangan pengemudi akan terhalang.

Untuk wiper sendiri kami menjualnya harga mulai dari Rp 40.500, Khusus untuk kalian jika membeli di Bukalapak dan Tokopedia akan untuk Tipe Frame (Dengan rangka) akan mendapatkan diskon 10%, Sedangkan untuk pembelian Tipe Frameles (Tanpa Rangka) akan mendapatkan diskon 20% + 1 Payung. Promo ini berlaku selama musim penghujan, hayo beli karena stok terbatas.

Hubungi Kami

Klik Nomor Dibawah Untuk Menelpon

0859 5903 9000

0819 1111 1157

0853 1111 1157

anigif no

aki 1

LOKASI


Bintaro


Cibubur


Untuk lebih mendekatkan kami kepada customer, selain kami ada beberapa cabang, kami juga memiliki 3 Mobil Toko

Selengkapnya

WhatsHelp Chat Button