5/5 (1)

Merawat aki basah wajib dilakukan perawatan berkala, termasuk menjaga voltase atau tegangannya agar tetap stabil. Apalagi terhadap aki basah karena sangat memerlukan perawatan agar tahan lama.

Baterai sebagai sumber listrik pada mobil atau yang biasa disebut aki adalah komponen vital lantaran fungsinya sebagai sumber kelistrikan utama.

apa saja yang perlu di lakukan untuk merawat aki basah dengan benar supaya kesehatan aki tetap terjaga sehingga taman lama, simak di bawah ini.

cek air aki

1. Cek Air Aki

Pengecekan air aki pada aki basah harus sesering mungkin maksimal 1 bulan sekali, tetapi untuk pemakaian kendaraan yang sering berpergian jauh sebaiknya kamu periksa 2 – 3 minggu sekali.

Baca juga : Tanda – Tanda Aki Mobil Soak

Kalau di biarkan aki akan cepat rusak, dan jika telat menambah air aki, maka umur aki tidak akan bertahan lama.

Biasanya pada aki basah akan ada garis pembatas air aki, jika sudah berkurang segera mungkin kamu untuk menambahnya.

panaskan mobil

2. Panaskan Mobil

Mobil kamu jarang di gunakan bahkan dalam kurun waktu 3 – 7 hari sebaiknya kamu rutin untuk memanaskan mobil kamu. Agar aki mendapatkan suplay arus dari altenator.

Baca juga : Merek Aki Mobil Terbaik Saat Ini

Jika tidak di panaskan dengan rutin maka aki akan ngedrop karena selalu memberikan daya ke komponen yang memerlukan daya walaupun kondisi mobil sedang mati.

jamur di aki

3. Bersihkan Terminal Aki

Sering terjadi pada aki basah yakni munculnya kerak putih di bagian kepala aki, ini di sebabkan karena menguapnya air aki, jika di biarkan akan merusak teminal aki.

Car amembersihkannya cukup mudah, kamu hanya menyiapkan sikat dan air panas, siram air panas pada bagian terminal yang berjamur lalu sikat sampai bersih, jika kurang bersih ulangi tahapan yang tadi.

Baca Juga : Toko Aki Terpercaya Di Jakarta Pusat

Serta jika tidak di bersihkan akan menghambat arus daya pada aki, hal ini akan saat kamu stater mobil terasa berat, jika di biarkan seperti itu efeknya membuat dinamo stater menjadi rusak.

Itulah tips merawat aki basah, aki basah kalau mendapatkan perawatan yang benar dan rutin umurnya bisa mencapai 2 – 3 tahun, jadi jangan di abaikan soal merawat aki basah. Atau kamu ingin ganti aki ? segera hubungi Toko Aki Terpercaya – Gratis Antar Pasang Jadetabek.

Beri Peringkat